Tuesday 16 September 2014

Divergent

Di sutradarai oleh Neil Burger. Setelah tahun lalu ada Percy Jackson, The Mortal Instrument, Ender's Game dan Catching Fire, Tahun ini giliran Novel adaptasi Veronica Roth yang berjudul sama di angkat ke layar lebar.

Berkisah tentang dunia setelah masa perang, demi menjaga perdamaian, kota Chicago membagi penduduknya kedalam Lima Faksi yang berbeda. Abnegation yang saling membantu sesama, Amity yang cinta perdamaian, Candor menjadi penegak hukum yang selalu jujur, Dauntless sebagai tentara atau polisi yang pemberani, dan Erudite yang menjunjung tinggi ilmu pengetahuan. Beatrice Prior adalah seorang remaja asal Abnegation yang di landa kegalauan akan memilih faksi yang mana, karena secara keseluruhan dia cocok dengan yang manapun, dia menjadi Divergent (kelainan). Setelah memilih faksi Dauntless, dia bertemu dengan Four, Mentor Dauntless yang menjunjung tinggi kelima faksi tersebut. Adanya polemik akan perebutan kekuasaan yang direncanakan oleh pihak Erudite yang dipimpin olehj Jeanine Matthews, membuat identitas Beatrice yang merubah namanya menjadi Tris ini terkuak bahwa dia salah satu Divergent. Kelebihan Divergent sendiri adalah dia tidak bisa di atur seperti faksi lainnya, naluri manusianya mengaturnya supaya lebih 'manusiawi' sehingga membuat para Divergent ini harus di bunuh agar tidak memicu adanya pemberontakan. Tris pun menjadi sasaran dan melibatkan orang-orang yang dia sayangi terbunuh.


Setting Chicago yang kelam namun menarik, serta kaum Dauntless yang di didik untuk tidak mempunyai rasa takut memberikan nilai tersendiri untuk mengajak penonton agar menjadi pribadi yang lebih 'berani'. Serta kepribadian Tris yang suka menolong sesama sebagai Abnegation juga menyadarkan bahwa sekuat apapun kita, kita harus tetap menolong sesama. Soundtrack film di akhir credit juga membuat penonton duduk lebih lama untuk mendengarkan alunan lagu yang enak ini. Aksi lebih ditekankan seperti Hunger Games, Romance tidak terlalu menonjol seperti Mortal Instrument, dan humor tidak selucu Percy Jackson. Namun film ini mengedepankan perdamaian yang benar-benar harus di telaah kembali maknanya. Untuk Berikutnya, film Insurgent akan ditunggu-tunggu.

Rate : 8.5/10

Faction before Family. - Caleb Prior

No comments:

Post a Comment