Friday 30 October 2015

Vacation

Score: 6.0/10
"I just wanted to sing Seal with my family like normal people." - Rusty Griswold

Sebuah film hasil adaptasi bebas pada film rilisan 1983 oleh John Hughes. Kali ini, film dengan tema drama komedi dewasa ini ditulis dan disutradarai oleh John Francis Daley dan Jonathan M.Goldstein. Dibintangi aktor kawakan EEd Helms, Christina Applegate dan bahkan Chris Hemsworth dan Leslie Mann. Menceritakan tentang perjalanan liburan keluarga dalam rangka mempererat hubungan rumah tangga mereka.

Rusty Griswold (Helms) merasa kehidupan keluarganya yang terlalu normal justru membuat hubungannya dengan sang istri, Debbie (Applegate) menjadi tidak bahagia. Begitu pula dengan anaknya, Kevin (Stebbins) yang selalu menjahili kakaknya, James (Gisondo). Rusty kemudian mengajak istri dan anak-anaknya untuk liburan ke taman hiburan Walley World dengan menempuh perjalanan darat selama 10 hari menggunakan mobil. Merekapun kemudian melewati beberapa rintangan yang malah membawa Rusty beserta keluarganya selalu bernasib buruk. Dimulai dari mengunjungi kampus lama Debbie, penginapan yang kotor, James mendapatkan teman bernama Adena (Missal), pemandian air panas, pencurian barang-barang dimobil mereka, bahkan mengunjungi kehidupan adik dari Rusty, Audrey (Mann) yang sudah hidup kaya dan bahagia dengan suaminya, Stone (Hemsworth) yang malah membuat pasangan Rusty dan Debbie semakin iri dengan hubungan kekeluargaan mereka. Semua semakin diperburuk ketika Rusty menyerah membawa keluarganya mencapai tujuan. Namun singgah di rumah sang ayah, (Chase) dan ibunya (D'Angelo) ternyata membuat Rusty sadar akan usahanya tetap harus tercapai.



Penuh dengan lelucon menjijikkan yang kurang cocok dengan film keluarga. Mulai dari kunjungannya di kampus Debbie, sampai pada pemandian air panas yang ternyata adalah limbah, serta penampilan topless dari Chris Hemsworth yang 'enggak banget'. Storyline berjalan begitu saja dengan sebab-akibat yang kurang kuat. Apalagi dengan karakter Rusty yang sebenarnya baik dan membara namun sayang sekali harus ditutupi dengan kesialannya. Film ini penuh dengan unsur 'unlucky' bahkan sampai akhir. Mungkin hal tersebut dapat membuat unsur komedi ini lebih terasa lucu, namun hal-hal tersebut justru sebenarnya dapat membuat beberapa kalangan penonton jengah.


Salah satu sisi baik dari film ini mungkin nuansa scoringnya yang tertata rapih. Begitu pula dengan watak karakter-karakter pendukung. Seperti perebutan kekuasaan antara para polisi empat negara di monumen, tourguide yang sering bercanda namun sedang patah hati sehingga nyaris membunuh keluarga Griswold, Kakek Rusty yang aneh, suami adik Rusty yang terkenal perfect. Semua karakter pendukung tersebut menghiasi dan menutup kelemahan pada watak karakter utamanya. Anyway, meski film ini mendapat banyak kritik negatif, namun perolehan box office-nya yang menggembirakan membuat film ini tidak begitu buruk untuk dinikmati bersama teman-teman.



No comments:

Post a Comment