Saturday 10 October 2015

The Walk

Score:7.8/10
"People ask me 'Why do you risk death?'. For me, this is life." - Philippe Petit.

Salah satu film adaptasi yang diangkat dari novel 'gila' karya Philippe Petit berjudul "To Reach the Clouds" yang juga diangkat berdasarkan pengalaman hidupnya, seorang high wire artist. Robert Zemeckis (Forest Gump, Cast Away) selaku sang sutradara menginginkan format IMAX 3D agar penonton jgua bisa merasakan ketegangan yang dialami Philippe saat menyebrangi tali diantara dua menara World Trade Center. Joseph Gordon-Levitt pun dipilih untuk membintangi pemain high wire asal perancis. Tak lupa pula Ben Kingsley ikut bergabung meramaikan jajaran cast. The Walk akan memberikan sensasi seorang High Wire Artist yang memiliki mimpi besar bahwa tidak ada yang tidak mungkin didunia ini.

Semenjak melihat pertunjukan sirkus keliling, Philippe (Gordon-Levitt) bercita-cita menjadi High Wire Artist yang tidak hanya bekerja sebagai badut sirkus, namun Philippe memiliki cita-cita untuk menempatkan talinya pada tiang yang tinggi agar pertunjukan tak hanya bernilai hiburan, namun juga memiliki nilai seni yang tinggi. Hal itu lah yang menuntunnya ke New York untuk berjalan diatas langit diantara dua menara World Trade Center (WTC). Bertemu dengan Annie (Le Bon), yang selalu setia bersedia membantu mewujudkan mimpi Philippe tersebut. Tak lama kemudian, Jean-Louis (Sibony) resmi menjadi sahabat Philippe sekaligus photographer, rekan kedua. Philippe yang merasa masih belum memiliki cukup ilmu untuk memasang tali kemudian mendatangi Papa Rudy (Kingsley), pimpinan pemain sirkus keliling. Setelah siap dengan berbagai macam teori pengikatan, Philippe siap berangkat. Dalam perjalanan merencanakan aksi ilegal itu, Philippe juga mendapatkan banyak teman baru yang mendukungnya, sebut saja Jean- Francois / Jeff (Domboy) yang takut ketinggian, Barry (Valentine) yang punya kantor di gedung tersebut, Jean Pierre (Dale), Albert (Schwartz) dan David (Samuel). Aksi tersebut kemudian dianugerahi aksi terberani sepanjang masa yang dilakukan oleh sang High Wire Artist tersebut.



Dikemas secara naratif dengan penampilan langsung dari Joseph Gordon-Levitt (JGL), serta berjalan secara sempurna dari awal, bagaimana motivasi serta penyebab ia melakukan hal tersebut, bertemu dengan tim-nya, sampai pada persiapan dan pertunjukkan tersebut. Meski diwarnai keraguan dari tim, Philippe tetap nekad menjadikan aksinya itu nyata, disanalah unsur perjuangan pantang menyerah dari seorang high wire artist diuji dan memotivasi para penontonnya agar tidak menyerah menggapai impian. JGL tampil meyakinkan dengan logat perancisnya. begitupula para pemain lainnya. Hanya saja, cerita dinarasikan terlalu singkat dan mudah pada pendeskripsian para pemainnya. Sehingga penonton setidaknya agak sulit mengingat teman-teman Philippe. Suara Le Bon saat bernyanyi juga bagus, hanya saja, suara emas Annie hanya ditampilkan di awal pertemuan mereka. Seharusnya, mungkin bisa lebih bagus setiap Philippe berlatih, suara Annie lah yang men-scoring adegan tersebut. Ending film yang memisahkan Annie dan Philippe agar Annie mengejar impiannya pun terasa natural dan tidak dipaksakan.


CGI yang disajikan terlihat meyakinkan. Meski di beberapa tempat saya dapati perbedaan tinggi WTC yang terlalu signifikan dengan gedung sekitarnya, padahal jika dilihat dari sudut pandang bawah gedung, sebenarnya gedung disekelilingnya juga tidak berbeda sangat jauh. Namun ketika sudut pandang diambil dari atas, gedung disekitarnya terlihat sangat kecil yang malah menjadikan komposisi gambar tersebut terlalu berlebihan. Dilain tempat, efek angin digedung tinggi itu dirasa kurang kencang, meski efek rambut dan pakaian Philippe terlihat berkibar-kibar diterpa angin namun kabut pagi hari beserta suara desahan angin terasa kurang kencang, apalagi dengan adanya helikopter diatas pertunjukan tersebut. Sedangkan dilain sisi, langkah awal Philippe cukup menegangkan dan mengejutkan. Sedangkan di langkah akhir, justru terasa kurang menegangkan dan biasa saja. Bahkan tekanan tali yang bergoyang dan hampir putus diakhir film justru terasa diremehkan oleh Philippe, padahal Papa Rudy mengingatkannya untuk tidak sombong pada langkah akhir.


Overall, film ini cukup menghibur dan memiliki banyak makna serta perjuangan yang cukup bagus untuk memotivasi penonton menggapai impian yang telah mereka lupakan. Begitupula dengan kerjasama tim yang baik pantang menyerah, karena dibalik kesuksesan Philippe diatas menara WTC, terdapat pula tim dan teman yang selalu mendukung langkah Philippe dibelakangnya.


No comments:

Post a Comment