Sunday 25 October 2015

The Longest Ride

Score: 7.4/10
"Love required Sacrifice, Always" - Ira Levinson

Berangkat dari novel karya Nicholas Sparks, The Longest Ride disutradari oleh George Tillman Jr. Menceritakan tentang kisah cinta drama dua generasi berbeda yang saling berhubungan. Britt Robertson, artis yang baru saja naik daun karena memerankan peran utama dalam film garapan Disney, Tomorrowland (meski menurut tanggal rilis worldwide, film ini lebih cepat sebulan) dan aktor Scott Eastwood (Fury) akan menjadi love interest dari peran yang dimainkan Britt tersebut. Didukung juga oleh aktor berpengalaman Alan Alda sebagai penghubung antara dua dunia ini.

Karena cederanya yang parah, Luke Collins (Eastwood) harus menunggu satu tahun lamanya agar dapat menunggang banteng dan memenangkan kompetisi dunia tersebut. Dalam perjalanannya itu, ia bertemu dengan Sophia Danko (Robertson), mahasiswi yang mencintai lukisan dan karya seni lainnya. Sophia yang sudah ada jadwal magang ke New York pun berkutat dengan dirinya sendiri antara memilih tetap di desa bersama Luke, atau mengejar impiannya. Begitupula dengan Luke yang menginginkan gelar juara menunggang banteng sedangkan kondisi tubuhnya sudah tak lagi memungkinkan ia melakukannya. Berpulang dari kencan pertamanya, mereka menyelamatkan seorang kakek yang nyaris mati karena kecelakaan mobil. Atas permintaan kakek tersebut sebelum keluar dari mobil, Sophia membawa kotak berisi surat-surat kakek tersebut terhadap pujaan hatinya. Sophia kini menemani kakek bernama Ira (Alda) tersebut untuk membacakan surat-surat tersebut dan mendengar cerita perjalanan hidup seorang Ira Levinson. Ira muda (Huston) telah jatuh cinta dengan seorang gadis bernama Ruth (Chaplin). Ruth digambarkan seperti Sophia, mengerti dan mencintai karya seni, sedangkan Ira hanya seorang penjaga toko biasa. Ruth dan Ira memiliki impian menjadi keluarga besar yang bahagia. Namun karena perang dunia II, Ira harus kehilangan kesempatannya untuk bisa bereproduksi, sempat ingin berpisah dengan Ruth demi kebahagiaan Ruth, Ruth justru tidak peduli dengan hal itu dan semakin mencintai Ira. Hidup berdampingan dan mengkoleksi berbagai karya seni. Namun impian Ruth untuk memiliki anak pun tak bisa terhindarkan hingga menyebabkan kedua insan ini harus memilih jalan yang terjal. Kembali ke kehidupan nyata Sophia dan Luke, mereka juga harus menghadapi ego mereka agar mereka bisa hidup bersama dan bahagia.




Drama yang menyentuh, tentang bagaimana cinta itu memang butuh pengorbanan besar, juga lika-liku kehidupan antara dua orang yang benar-benar beda namun dimabuk asmara. Untuk kualitas cerita, story antara Ira dan Ruth lah yang lebih menyentuh. Kasih sayang antara mereka berdua berhasil dimainkan dengan apik dan natural oleh Jack Huston dan Oona Chaplin. Sifat Ira muda yang malu-malu tapi mau, serta khas bicara Ruth dan ekspresi 'takjub'nya ketika melihat karya seni yang hebat. Masalah dan solusi yang disajikanpun terkesan natural. Terutama saat Ira merelakan Ruth untuk pergi dari rumah demi mencari kebahagiaannya. Jika Ruth bahagia, Ira pun akan ikut bahagia. Justru karena kerelaan Ira inilah Ruth semakin mencintai kekasihnya tersebut. Berbeda dengan hubungan Sophia dan Luke. Sophia yang memiliki sifat layaknya Ruth muda, justru dengan senang hati menyelami dunia Luke. Namun sebaliknya, Luke belum bisa menerima dirinya masuk ke dunia Sophia dikarenakan kemungkinan besar Sophia lebih memuilih pergi ke New York untuk mewujudkan mimpinya melihat karya seni besar lainnya. Namun disinilah kasih sayang antara dua insan manusia itu diuji. Saat Sophia memutuskan untuk membatalkan jadwal magangnya, saat Sophia tahu akan cedera Luke dan memintanya untuk segera berhenti menjadi penunggang banteng. Cinta selalu membutuhkan pengorbanan.


Scoring yang disajikan terdengar indah ditambah lagi pemandangan pedesaan yang menambah nilai kesejukan dimata penonton. Tak jarang pula nuansa kota lama pedesaan yang disajikan melalui story Ira & Ruth memiliki nilai pandang kesejukan yang lebih tinggi. Penonton bahkan akan dibuat terus bertanya-tanya tentang kelanjutan kisah Ira dan Ruth, dan kemanakah Ruth saat ini, apakah dia berpisah dengan Ira? Karena sejauh film berjalan Sophia dan Ira hanya bertukar cerita lewat surat yang ditulis Ira kepada Ruth. Dan akhir cerita dari Ira dan Ruth benar-benar tidak mengecewakan, begitupula plot twist antara Luke dan Sophia. Anyway, film drama ini sangat direkomendasikan untuk pasangan yang mungkin belum mengerti akan pentingnya saling memahami dan saling menerima kekurangan masing-masing, anda akan disadarkan oleh perjuangan dan pengorbanan cinta yang disajikan Luke, Sophia, Ira dan Ruth.


No comments:

Post a Comment