Saturday 27 February 2016

PREVIEW ACADEMY AWARDS (THE OSCARS) 2016


Ajang penghargaan film-film paling bergengsi ini memang tak pernah luput dari perhatian masyarakan dunia. Dengan maraknya teknologi saat ini, live streaming OSCARS pun bisa disaksikan di banyak situs, bahkan Youtube, dan beberapa stasiun tv kabel menayangkannya secara Live. Tv swasta Nasional pun juga tak ingin ikut kalah dengan hal ini, terbukti beberapa tv swasta berhasil menayangkan acara penghargaan tersebut meskipun harus menunggu seminggu setelah pengumuman.

Saya mulai mengikuti perkembangan informasi mengenai Academy Awards ini mulai dari tahun dimana Ellen Degeneres menelpon pengantar pizza, mengajaknya naik kepanggung dan mempopulerkan foto selfie diantara artis-artis yang datang berhasil memecah kepopuleran pembawa acara ini. Tahun berikutnya, Neil Pattrick Harris membuat dirinya tampil telanjang dengan hanya menggunakan celana dalam layaknya apa yang dilakukan Michael Keaton dalam film Birdman yang nyatanya juga berhasil memenangkan penghargaan Best Picture tahun lalu. Lantas, apa yang akan Chris Rock lakukan tahun ini?

Setelah melihat ke enam film OSCAR. saya akhirnya bisa menentukan mana yang saya jagokan untuk menjadi pemenang Best Picture sekaligus beberapa kandidat pemenang lainnya. Dalam beberapa deretan dibawah, yang paling banyak memprediksikan pemenang Best Picture dalam media mengkin akan lebih banyak yang memilih The Revenant, namun secara pribadi, saya lebih mendukung Spotlight untuk jadi pemenang. Tak bisa dipungkiri lagi kalau Actor In A Leading Role akan mempunyai peluang lebih besar untuk Leonardo DiCaprio memenangkannya. Sedangkan Artisnya, saya memilih Brie Larson. Supporting Actor pada Sylvester Stallone atau Mark Ruffalo dan Actress pada Alicia Vikander. Sisanya, saya mendukung Inside Out pada kategori animasi dan Sam Smith untuk soundtrack Spectre. Berikut adalah ke enam review Best Picture Oscar dan beberapa film lainnya yang juga masuk kedalam nominasi Oscars yang pernah saya tulis.

BEST PICTURE

1) SPOTLIGHT
Score: 8.4
Sebuah film garapan Tom McCarthy yang sangat berani untuk kembali mengangkat kisah pelecehan seksual oleh pedofilia yang tak lain dilakukan oleh para Pastur Kristen Katholik di Boston. Mendapat ganjaran 6 nominasi termasuk Best Pictures dalam OSCARS tahun ini, film ini terinspirasi dari 'true event' yang telah lama terjadi dan baru terkuak luas pada tahun 2002 lalu. Tak hanya itu, studio juga menggaet aktor-aktor berbakat seperti Mark Ruffalo dan Rachel McAdams yang masuk kedalam nominasi Best Supporting Actor & Actress dan aktor senior seperti Michael Keaton dan Stanley Tucci.






2) ROOM
Score: 7.8
Diadaptasi dari novel karya Emma Donoghue yang naskahnya sendiripun juga ia tulis untuk film ini. Disutradarai oleh Lenny Abrahamson serta menggaet artis cilik yang baru yang kualitas aktingnya tak bisa diremehkan, Jacob Tremblay. Room mendapatkan kesempatan untuk memenangkan 4 Nominasi dalam OSCARS tahun ini yang terdiri dari Best Picture, Best Directing, Actrees In A Leading Role, dan Adapted Screenplay yang otomatis akan membawa nama besar orang-orang penting dalam film ini yakni Abrahamson, Larson dan Donoghue. Pun begitu, meski judul yang diangkat adalah 'Room' namun isi didalam film nya malah terasa sangat luas yang membuat judul tersebut seperti hanya sebuah metafora belaka. Dan itu adalah salah satu hal bagus dalam film ini.
Review Lengkapnya>>>




3) THE MARTIAN
Score: 8.0
Pemanasan sebelum meluncur ke Prometheus 2 yang diberi judul Alien: Paradise Lost, Ridley Scott mendapatkan kursi sutradara untuk film sci-fi adaptasi novel terkenal karya Andy Weir ini. Dan untuk kali ketiganya, Matt Damon menjadi karakter yang harus diselamatkan setelah Saving Private Ryan dan Interstellar. Tak hanya itu, Jessica Chastain yang juga baru saja bekerja sama dengan Matt Damon tahun lalu dalam Interstellar turut ambil bagian untuk film ini. Juga beberapa orang dari jagat Marvel, Sebastian Stan (Winter Soldier), Kate Mara (Invisible Woman) dan bahkan Michael Pena (Luis) akan bersama dengan tim yang dipimpin Chastain. Tak hanya itu pula, nama besar Chiwetel Ejiofor dan Sean Bean juga turut meramaikan film 'astronout'-nya tahun 2015 setelah tahun lalu diisi Interstellar dan Gravity pada tahun 2013.
Review Lengkapnya>>>



4) BRIDGE OF SPIES
Score: 7.9
Salah satu karya penyutradaraan dari sutradara terkenal Steven Spielberg yang sebelumnya telah menelurkan banyak film-film sukses. Diadaptasi dari kisah asli seorang pengacara bernama James B. Donovan yang hidup pada masa perang dingin antara USA dan Uni Soviet. Di mainkan oleh aktor yang namanya sudah tak asing lagi di jagad hollywood, Tom Hanks. Sama seperti Spotlight, Film ini mendapatkan ganjaran 6 Nominasi dalam perhelatan OSCARS tahun ini, termasuk dalam kategori Best Picture. Film ini mengangkat tema konflik pertukaran antar tahanan mata-mata yang tentu saja memiliki kisah yang sangat rentan dengan sejarah antar dua negara ini didalamnya.
Review Lengkapnya>>> 






5) MAD MAX: FURY ROAD 
Score: 8.2
Era baru, George Miller kembali mereboot seri Mad Max yang dulu sempat populer tahun 80an. Tentunya dengan nafas yang baru, Tom Hardy di tunjuk untuk berperan sebagai Max Rockatansky. Di daulat banyak penonton sebagai film aksi paling baik tahun 2015 sampai saat ini (september). Proyek sekuelnya pun sudah mulai terdengar dengan membawa nama 'The Wasteland' menggantikan 'Fury Road'. Film yang bersyuting di tempat gurun pasir dengan mengandalkan aksi stunt yang berlebihan ini juga menuai banyak kritik positif dan perolehan box office yang terbilang cukup sukses. Mad Max akan menceritakan kegilaan yang terjadi pada dunia setelah perang nuklir menghanguskan sebagian besar daratan Bumi.
Review Lengkapnya>>> 





6) BROOKLYN
Score: 7.5
Sebelum diangkat ke layar lebar, Brooklyn rupanya adalah salah satu film adaptasi novel berjudul sama karya Colm Toibin dari Irlandia yang pada tahun 2009 lalu meraih penghargaan Costa Prize. Disutradarai oleh John Crowley, Film ini meraih 3 kategori nominasi dalam Academy Awards OSCARS 2016. Di bintangi oleh artis ternama Saoirse Ronan yang masuk juga kedalam kategori Actrees In A Leading Role, Brooklyn menceritakan tentang seorang perempuan Irlandia tahun 1950an yang harus merantau ke Amerika untuk menafkahi keluarganya.
Review Lengkapnya>>>








ANIMATED

1) INSIDE OUT
Score: 8.4
Di pimpin oleh sutradara yang berhasil memenangkan penghargaan Oscar lewat "Up" pada 2009 lalu, Pete Doctor kembali. Hanya saja, kali ini di temani Ronaldo del Carmen untuk menyelesaikan proyek ambisius Pixar yang digadang-gadang akan melebihi pencapaian 'Up' baik dari segi kualitas maupun perolehan box office. Setelah melalui banyak film-film unik seperti mainan, mobil, tikus, monster yang memiliki perasaan/feel. Kali ini, justru feel itu lah yang memiliki feel tersendiri. Tak hanya itu, film ini juga menampilkan jajaran aktor komedi sebagai voice actor-nya, sebut saja Amy Poehler, Phyllis Smith, Bill Hader, Lewis Black dan Mindy Kaling di daulat sebagai jajaran pemain utamanya. Meski sempat absen tahun lalu, Pixar yakin kalau Inside Out tidak akan mengecewakan para fans studio animasi yang kental dengan pesan moralnya ini.
Review Lengkapnya>>>



2) SHAUN THE SHEEP MOVIE
Score: 7.0
Setelah sukses dengan serial tv nya, si domba dengan gaya khas humor slapsticknya kini merambah ke layar lebar. Di sutradarai oleh Mark Burton dan Richard Starzak sekaligus menandai debut pertama mereka sebagai sutradara film layar lebar. Meski mengusung development baru, yakni menampilkan situasi perkotaan (alih-alih pedesaan Farmer seperti dalam serial tv), Dua sutradara yang sudah lama berkecimpung dalam dunia film animasi ini mengharapkan nuansa baru Shaun agar menghibur penonton dari berbagai kalangan usia.
Review Lengkapnya>>>








OTHERS

1) STEVE JOBS
Score: 7.7
Actor In A Leading Role | Actrees In A Supporting Role
Entah sudah berapa kali kisah biografi sang CEO perusahaan ternama 'Apple' ini diangkat ke layar lebar. Bedanya, film yang digarap sutradara yang telah angkat nama lewat Slumdog Millionaire, Danny Boyle ini berhasil memasukkan dua nama kedalam nominasi perhelatan OSCARS tahun ini. Nama tersebut tak lain adalah Michael Fassbender dan Kate Winslet, dua aktor ternama yang memang sudah tidak bisa diragukan lagi kualitas aktingnya. Dalam film ini, Boyle tidak menghadirkan kisah Steve Jobs secara rinci, namun justru lebih kepada pergulatan batin sang CEO dalam jatuh bangunnya menjalankan perusahaan tersebut, sampai akhirnya ia dikeluarkan, lalu kembali lagi ke Apple.
Review Lengkapnya>>> 





2) STAR WARS: THE FORCE AWAKENS
Score: 8.4
Music (Original Score) | Sound Editing | Sound Mixing | Visual Effects | Film Editing
Setelah sukses dengan trilogi pertamanya pada 32 tahun yang lalu, George Lucas selaku kreator orisinil saga Star Wars kembali menyajikan kelanjutan saga dengan cakupan ruang angkasa yang luas ini setelah saga prekuelnya dinilai kurang baik. Setelah bergabung dengan Disney, pihak studio menyerahkan tampuk sutradara babak pembuka trilogi baru ini pada J.J Abrams yang uniknya, dia juga ikut membidani saga Star Trek baru, yang mana para fans antara dua fandom ini kerap kali kurang akur. Sempat menyusun pemain yang belum banyak dikenal (sama seperti pemilihan 3 karakter utamanya dulu, pada saat itu, Mark Hamill, Harrison Ford dan Carrie Fisher belum angkat nama), Abrams rupanya berhasil mengarahkan babak generasi baru ini tanpa harus menghilangkan elemen-elemen khas Star Wars versi lawas.
Review Lengkapnya>>>


3) SPECTRE
Score: 7.2
Music (Original Song)
Tahun ini adalah tahunnya film bertema-kan mata-mata. Dibuka dengan Kingsman pada februari, dilanjutkan dengan perwakilan dari CIA, SPY yang bertemakan action-comedy, lalu franchise yang sudah terkenal dari perwakilan IMF, Mission Impossible. Di tambah dengan The Man from U.N.C.L.E, Hitman, Survivor dan Bridge of Spies. Agen kenamaan James Bond dari MI6 tampaknya akan menutup petualangan para mata-mata di tahun 2015 ini. Berangkat dari kesuksesan Sam Mendes yang berhasil mengangkat rating James Bond kembali naik lewat Skyfall nya tahun 2012 lalu membuatnya terpilih kembali menjadi sutradara untuk proyek terbarunya ini. Menggaet kembali aktor-aktor lamanya, Daniel Craig. Begitupula dengan karakter-karakter sentral baru yang perannya akan lebih signifikan disini, sebut saja Ralph Fiennes sebagai M yang baru dan Ben Whishaw sebagai Q. Spectre tidak lain juga akan membahas berbagai masalah yang ternyata sudah mulai ada dari film-film pendahulunya.
Review Lengkapnya>>>


4) EX_MACHINA
Score: 7.4
Writing (Original Screenplay) | Visual Effects
Proyek penyutradaraan pertama dari Alex Garland. Selain ditulis juga olehnya, Garland rupanya sudah menelurkan banyak naskah film-film keren seperti Dreed, dan 28 Days Later. Dalam debutnya sebagai sutradara ini, Garland mencoba membuat film yang minim cast mahal, namun memiliki arti pesan moral positif yang tinggi tentang suatu tes kecerdasan buatan yang benar-benar memiliki kesadaran layaknya manusia. Beruntungnya, cast yang terpilih ternyata bisa menjadi sorotan besar kedepannya mengingat Oscar Isaac akan bermain di franchise besar Star Wars dan Alicia Vikander bermain dalam The Man from U.N.C.L.E.
Review Lengkapnya>>>





5) CINDERELLA
Score: 7.4
Writing (Original Screenplay) | Visual Effects
Pasca kesuksesan Maleficent, Disney tidak lagi gentar akan mengangkat tema film fairy tale ke dalam ranah live-action layar lebar. Bahkan setelah film ini juga sukses di rilis, kabar akan menyusulnya 'Beauty & The Beast' dan 'Pinocchio' pun sempat terdengar sedang dalam tahan post produksi. Berbeda dengan Maleficent yang cenderung mengambil 'untold story' dari kisah putri tidur dan sudut pandang sang penyihir, 'Cinderella' kali ini menceritakan kisah yang benar-benar orisinil seperti kisah aslinya, namun dengan tambahan beberapa unsur baru seperti kisah Cinderella dengan orang tua kandungnya, juga beberapa pesan moral yang lebih 'mengena' untuk penonton masa kini. Di sutradai oleh Kenneth Branagh, Cinderella terbukti berhasil menarik penonton dari semua kalangan yang sudah rindu akan penampilan kembali putri bersepatu kaca ini.

No comments:

Post a Comment