Saturday 14 March 2015

The Imitation Game

Di angkat dari kisah nyata, berdasarkan buku yang di tulis Andrew Hodges berjudul "Alan Turing: The Enigma". Memenangkan nominasi Adapted Screenplay dalam OSCAR 2015, naskah adaptasi ini di tulis oleh Graham Moore, sedangkan Morten Tyldum mengambil alih kursi penyutradaraan. Menghadirkan balutan kisah di balik suksesnya kemenangan bangsa eropa pada perang dunia 2 melawan NAZI Jerman. Serta di kemas secara Back to Back.

Alan Turing (Cumberbatch) adalah Matematikawan jenius yang di rekrut oleh pemerintahan Inggris untuk memecahkan kode Enigma. Enigma itu sendiri adalah kode yang di gunakan Jerman dalam berkomunikasi dan mengarahkan pasukannya dalam peperangan. Hukum memecahkan kode enigma saat itu adalah masih mustahil di lakukan manusia manapun. Bersama dengan timnya, Hugh (Goode), John (Leech), Peter (Beard) serta Joan (Knightley) mereka membuat mesin pemecah kode Enigma. Perjalanan dalam membuat mesin itu tentu saja tidak berjalan mulus begitu saja, Alan Turing yang juga di anggap sebagai orang aneh yang tidak mau berteman dengan siapapun harus dapat memimpin tim dan meyakinkan komandan Denniston (Dance) bahwa mesin nya dapat di percaya. Dalam perjalanan pun Alan juga harus berusaha menyembunyikan rahasianya yang dapat membuat dirinya di keluarkan dalam proyek pemecahan kode Enigma ini. Bahkan setelah kodenya berhasil di pecahkan, mereka tidak bisa menyelamatkan banyak nyawa tentara maupun rakyat sipil begitu saja, banyak sekali aturan dan ketetapan yang harus mereka buat demi memenangkan perang itu.


Tak perlu di ragukan lagi, akting Benedict Cumberbatch memang sudah mencapai kelas Berat. Namun sayang belum bisa memenangkan piala OSCAR tahun ini. Matthew Goode sebagai saingan sekaligus teman karakter Cumberbatch memainkan perannya dengan sangat baik, di mulai dari ketidak sukaannya terhadap Alan, sampai menjadi teman baiknya di ekspresikan dengan baik untuk menyaingi Aktor sekaliber OSCAR itu. Berikutnya, mungkin satu-satunya karakter wanita yang berandil sangat besar dalam film ini, Keira Knightley tampil mempesona seperti biasa.

Karena film ini berhasil memenangkan Adapted Screenplay, mari bicarakan Naskahnya. Lewat tulisan tangan Andrew Hodges dalam bukunya, Graham Moore berhasil merubah sebuah buku biografi menjadi naskah film yang brilian. Meski di ceritakan memiliki alur flashback, tetap saja dialog antar tokoh, terutama Alan Turing dan Joan Clarke memiliki bobot percakapan yang tinggi. Banyak sekali kalimat yang bisa di jadikan kalimat mutiara maupun motivasi yang bagus. Penonton pun dapat mengambil banyak pelajaran moral dari film ini, terutama keharusan mengorbankan banyak nyawa untuk menyelamatkan banyak nyawa lainnya dan untuk memperpendek dan menghentikan perang. Faktor lain yang membuat film ini menarik untuk dinikmati adalah Original Scoring dari Alexandre Desplat. Meski tak masuk dalam jajaran nominasi scoring dalam OSCAR, musik yang di sajikan betul-betul akan membawa emosi setiap penontonnya untuk merasakan apa yang di rasakan Alan saat itu. Finally, The Imitation Game cukup menarik untuk di jadikan tontonan serius, film ini memang layak menjadi deretan film OSCAR tahun ini.

Rate : 8.2/10

"Sometimes it is the people who no one imagines anything of who do the things that no one can imagine." Joan Clarke

No comments:

Post a Comment