Monday 23 March 2015

Home

Score : 7/10
"She's not Angry, she's just Sad Madness." - Oh

Di angkat dari novel karya Adam Rex berjudul "The True Meaning of Smekday". Tahun lalu sempat menyapa penonton lewat film pendek "Almost Home" yang tayang sebelum pemutaran film "Mr.Peabody & Sherman". Beralihnya kursi penyutradaraan dari Todd Wilderman menjadi Tim Johnson, film ini berharap mampu membawa audience memahami apa itu arti HOME sesungguhnya.

Bangsa Boov adalah makhluk alien yang menggemari pelariannya dari Gorg. Mereka terus mencari planet tersembunyi yang bisa dijadikan tempat tinggal. Bumi menjadi salah satu pilihan mereka. Di pimpin oleh Kapten Smek (Martin), Bangsa Boov memindahkan dan menyatukan kehidupan manusia di pulau yang di namakan "The Human Happiness". Oh (Parsons) salah satu bangsa Boov yang menyukai kehidupan bersosialitas, tidak seperti teman-temannya pada umumnya yang tidak pernah berinteraksi dengan bangsa Boov lainnya. Oh secara tidak sengaja mengundang semua makhluk di antariksa untuk datang ke pesta rumahnya yang baru. Hal itu membuat Oh di buru oleh bangsanya sendiri karena dianggap dapat membahayakan bangsa Boov jika Gorg mendapat pesan itu. Bertemu dengan anak perempuan yang berhasil selamat dari scanning, Gratuity Tucci (Rihanna) yang biasa di panggil Tip. Mereka berdua saling membantu untuk menyalamatkan diri mereka masing-masing, Tip menginginkan Ibunya kembali, sedangkan Oh ingin agar dirinya dapat kembali menjadi Boov yang normal. Keduanya pun melakukan petualangan yang lucu dan menegangkan.

Karakter yang disuguhkan memang unik. Bangsa Boov memiliki bentuk tubuh yang lucu, apalagi perubahan warna setiap bangsa boov tergantung dengan ekspresi mereka. Seperti saat Oh berbohong, warnanya berubah menjadi hijau, saat ia marah berubah menjadi merah, dan sedih menjadi biru. Berikutnya, beberapa soundtrack yang ada menghidupkan scene-scene penting, seperti ketika Oh berpisah dengan Tip karena ingin kabur dari serangan Gorg, serta soundtrack saat Tip dan Oh melewati petualangan berjam-jam menuju Australia. Pesan Moral yang bisa di dapatkan di film ini pun cukup banyak, mulai dari menepati janji, hingga keberanian untuk menantang ketakutan, begitu pula dengan pentingnya hubungan pertemanan dan kekeluargaan.

Ketika Oh terjun kedalam laut karena ingin mendinginkan tubuhnya yang menari, porsi scene di sini dirasa cukup mengganggu, karena saat keluar dari mobil, Oh malah terlihat begitu bahagia. Sedangkan ekspresi Tip menunggu Oh keluar dari laut sampai malam malah kurang mendapat feel yang pas. Selebihnya, environment BUmi yang sedang di jajah Boov cukup Unik. Jika anda orang dewasa yang selalu berfikir secara logika, lepaskanlah konsep logika anda, karena di film ini, anda harus berfikir layaknya imajinasi dalam pikiran anak-anak.




No comments:

Post a Comment