Saturday 27 June 2015

Chef

Score: 7.8/10
"I may not do everything great in my life, but I'm good at this. I manage to touch people's lives with what I do and I want to share this with you." - Carl Casper

Ditulis, sutradarai dan di mainkan langsung oleh orang yang ada di balik kesuksesan Ironman dan Ironman 2, Jon Favreau. Tidak heran jika di film ini pun Scar-jo dan Robert Downey ikut bermain meski hanya memiliki peran kecil saja. Produser yang juga bergabung dalam beberapa franchise Marvel ini kembali membuat film bernuansa keluarga setelah film layar lebar lamanya, Zathura juga sukses 10 tahun silam. Meski tampaknya cukup riskan karena mengambil bagian peran utamanya juga, film ini lebih menghadirkan hubungan antara ayah dan anak ketimbang mengambil tajuk dunia 'chef' pada judul filmnya.

Carl Casper (Favreau) telah menjadi chef di sebuah restoran yang terbilang sudah cukup sukses. Namun semua berubah ketika kritikus restoran terkenal, Ramsey (Platt) menuliskan bahwa makanannya enak, namun tetap mengejek Carl. Carl yang tidak terima langsung menawarkan peperangan lewat akun twiternya. Namun Riva (Hoffman) selaku pemilik restoran tidak ingin Carl membuat menu baru seenaknya saja yang malah berujung pada kemarahan Carl pada Ramsey yang menjadi tren di social media. Carl telah kehilangan pekerjaaannya, mantan istrinya, Inez (Vergara) mengusulkan untuk pergi ke Miami untuk berlibur bersama anaknya, Percy (Anthony). Menjalin hubungan baik dengan anaknya, Carl juga mendapatkan modal berupa Food Truck dari mantan suami istrinya, Marvin (Downey Jr.) Petualangan pun dimulai ketika Carl membawa pulang food truck itu sembari menjual makanan apapun yang ingin ia masak bersama dengan anaknya. Di bantu oleh asisten setianya pula, Martin (Leguizamo). Food Truck El Jefe akan memuaskan pelanggan rute kembalinya mereka dari Miami.


Jon Favreau membuktikan kualitasnya tidak hanya sebagai sutradara, melainkan mampu tampil sebagai aktor utama dalam film. Berjalan layaknya seorang chef dengan karakter yang sedikit gaptek, juga ayah yang baik dari seorang anak, termasuk orang yang selalu menjunjung tinggi nilai seni dalam makanan dan pekerjaan yang di cintainya lebih dari siapapun. Perseteruan di awal film saya rasa kurang begitu baik. Pasalnya, setahu saya, seorang chef memang haruslah memiliki mental tahan kritik. Dan bagaimana bisa seorang chef tidak tahu tentang 'Hells Kitchen' dan 'Twitter' sementara handphonenya adalah Iphone? Namun justru ketidak tahuan itulah yang menyebabkan Carl harus kembali membuka usahanya sendiri.


Berbeda dari yang saya harapkan, film ini ternyata lebih berfokus pada hubungan ayah dan anak. Sedangkan tema kulinernya hanya sekedar bumbu pemanisnya saja. Akting dari jajaran pemainnya sudah cukup bagus meski hubungan antara chef Carl dengan asistennya Martin terasa masih kurang berchemistry, begitu pula Carl dengan Molly yang di perankan oleh Johansson. Anthony yang berperan sebagai anak Carl pun bermain bagus disini. Akhirnya, selain menyuguhkan banyak food styling yang menawan, film keluarga ini juga tak luput dari berbagai pesan moral dan cocok untuk hiburan keluarga.


No comments:

Post a Comment