Friday 26 June 2015

The Judge

Score: 8.3/10
"Well you know, if you lose, you lose. sometimes if you fail, accept it." - Hank Palmer

Di sutradarai David Dobkin. Film ini sempat masuk dalam nominasi Best Supporting Actor dalam OSCAR tahun ini lewat Robert Duvall sukses memerankan ayah dari karakter yang dimainkan aktor kawakan yang sudah terkenal dengan imagenya sebagai Ironman ini. Film ini mengangkat tema dalam dunia hukum, dimana sebuah karakter pengacara yang handal, tidak melihat apakah kliennya benar-benar bersalah atau tidak, ia harus tetap memenangkan persidangan.

Hank Palmer adalah seorang pengacara yang tangguh. Ia telah memenangkan banyak persidangan tanpa kenal apakah memang kliennya yang bersalah ataupun tidak. Ketika ibunya meninggal, Hank kembali ke kampung halamannya. Namun karena suatu kejadian di masa lalu yang membuat hubungannya dengan sang ayah, Hakim Joseph Palmer (Duvall), ia selalu enggan untuk pulang. Meski di sambut kurang sopan oleh ayahnya, Hank terjebak dalam kasus pembunuhan yang melibatkan sang ayah. Mau tidak mau Hank harus memenangkan persidangan ayahnya karena ternyata rasa sayang pada ayahnya tidaklah hilang. Namun yang terjadi adalah satu per satu rahasia sang ayah terkuak olehnya. Terjadi perbedaan pendapat antara Hank yang ingin menyelamatkan ayahnya dengan Sang ayah yang memang menginginkan keadilan jika ia terbukti benar-benar bersalah. Di samping itu, reuninya dengan Samantha (Farmiga) membuatnya kembali jatuh cinta pasca perceraian Hank dengan istrinya (Lancaster). Hubungan dengan kedua saudaranya, Glen (D'Onofrio) dan Dale (Strong) pun kian membaik. Namun Dwight Dickham (Thornton), pengacara dari kubu lawan tentu saja tidak ingin menyerah begitu saja pasca kekalahannya dengan Hank dulu. Berhasilkah Hank menyelamatkan ayahnya? ataukah sang ayah memang bersalah dan ingin keadilan benar-benar di tegakkan?


Karakter Hank memang memiliki banyak kesamaan seperti karakter TOny Stark pada umumnya yang mungkin membuat Robert Downey terlihat biasa saja dalam film ini. Meski begitu, banyak adegan sulit untuk Robert beradaptasi dengan banyaknya scene sedih yang membuat matanya selalu berkaca-kaca. Hal itu tentunya membuat nilai lebih pada performa aktingnya. Selain itu, Robert Duvall sukses memberikan performa terbaiknya sebagai ayah sekaligus hakim.



Dari segi naskah, tentunya banyak hikmah yang dapat di ambil dari film ini. Termasuk bagaimana cara kerja pengadilan dan liciknya dunia pengacara. Meski begitu, karakter Joseph Palmer benar-benar hakim yang sangat menghormati keadilan dan telah berhasil mengajarkan anaknya, Hank bahwa keadilan di atas segalanya. Bukan hanya sekedar memenangkan sidang pengadilan, justru pemenangnya adalah yang mau mengakui kesalahannya dan menerima apapun konsekuensi yang di berikan.


No comments:

Post a Comment