Monday 2 February 2015

Whiplash

Meski namanya sama dengan salah satu musuh ironman, film ini tidak ada sangkut pautnya dengan superhero yang dimaksud. Film ini adalah salah satu film Jazz yang berhasil memasuki banyak nominasi Oscar saat ini. Di tulis dan di sutradarai oleh orang yang terbilang masih cukup muda, Damien Chazelle berhasil membawanya menjadi salah satu nominasi dalam 'the best picture' di ajang perhelatan film bergengsi ini. Tak ketinggalan juga pemain yang saat ini sedang naik daun karena keterlibatannya dengan beberapa film besar seperti 'Divergent Series' dan 'Fantastic Four', Miles Teller. Sebelumnya, film ini juga menuai banyak penghargaan dan kritik positif dari para penikmat film.

Andrew Neyman (Teller) menyukai permainan musik Jazz, ia bercita-cita menjadi pemain drum profesional yang bermain dalam grup band musik jazz. Karena itu ia kuliah di Shaffer dan berhasil terpilih masuk di grup yang di pimpin Terence Fletcher (Simmons). Fletcher adalah dosen yang paling di segani di tempat itu, Namun cara dia mendidik mahasiswanya sangatlah keras, begitu pula dengan yang di alami Andrew. Karena keinginan Andrew untuk jadi professional itu juga menyebabkan ia harus memutuskan hubungan yang padahal baru saja ia jalani dengan Nicole (Benoist). Perjalanan Andrew tidak lah mudah, selain dosen yang sangat keras itu, ia juga harus tetap bersaing dengan beberapa pemain drum lainnya. Jatuh bangun seorang musisi Jazz pun harus di alami Andrew, belum lagi masalah dengan keluarganya yang kurang mendukung profesi dalam bidang musik Jazz.


Yang pertama patut di apresiasi adalah akting Miles Teller yang terlihat sangat total disini. Meski dia sudah lama bisa bermain drum, namun dengan apa yang di sajikan disini sangatlah terlihat natural dan benar-benar sulit untuk seorang drummer jazz. Dalam proses latihan syutingnya pun beberapa kali ia di kabarkan cedera tangan saat berkali-kali latihan menabuh drumnya. Karakter Andrew pun berhasil mencerminkan pemuda yang penyendiri, namun ia tetap terus mencoba demi tercapai impiannya tak mudah patah semangat meski di hujat berkali-kali oleh Fletcher.

Setelah itu, J.K Simmons menghadirkan karakter Terence Fletcher yang memiliki dua emosi, dimana saat ia terlihat baik, ia akan terlihat sangat bersahabat. Sebaliknya, ketika dia sedang memompa mental anak didiknya, Fletcher menjadi dosen yang sangat berbeda karakternya. Terlihat sangat kejam dan tanpa ampun mendidik mahasiswanya dengan hujatan untuk memperkuat mental para calon musisi jazz, kasar dan juga selalu menginginkan bahwa kehendaknyalah yang benar. Karena peran ini jugalah Simmons berhasil masuk ke nominasi 'best supporting actor' dalam Oscar tahun ini.

Kerjasama antar pemain profesional jazz dalam film ini tak perlu di bicarakan lagi. komposisi musik yang dimainkan juga cocok dan sangat bagus dengan tema film. Nama Whiplash sendiri pun di ambil dari salah satu musik di dalam film ini. Meski pembelajaran drum nya sangat menghentak, namun ketika di padukan dengan alat musik lain menjadi kesatuan yang sangat merdu.Tak lupa pula drama musik jazz ini menghadirkan hubungan antara mahasiswa dengan dosennya yang chemistrynya sudah sangat baik.

Rate : 8.6/10

"I was there to push people beyond what's expected of them. I believe that's an absolute necessity." - Terence Fletcher.

No comments:

Post a Comment