Thursday 22 January 2015

Predestination

Duo kembar bersaudara Michael & Peter Spierieg kembali mengguncang layar lebar lewat proyek teranyarnya setelah tahun 2009 sukses dengan Daybreakers-nya. Diangkat dari sebuah Story bejudul "All You Zombies" karya Robert A. Heinlein, kisah agen rahasia yang bertualang antar waktu untuk menyelamatkan masa depan.

Seorang agen rahasia yang namanya belum di ketahui sejal awal filmnya (Hawke) menyamar menjadi penjaga bar untuk menghentikan aksi Fizzle Bomber yang meledakkan gedung di masa depan dan menewaskan banyak orang. Ia bertemu dengan Jane (Snook) di Bar. Mereka kemudian bertaruh untuk sebuah cerita kehidupan Jane yang menarik. Seiring berjalannya cerita, Sang agen rupanya telah menyadari & mencurigai Jane ada hubungannya dengan Fizzle Bomber yang ia kejar. Begitu pula dengan sang agen yang ia anggap aneh. Agen itu pun memutuskan Jane berjalan-jalan melewati masa lalu dengan mesin waktunya. Jane pun mulai menyadari bahwa kisah hidupnya kini pun berhubungan dengan pilihan yang telah ia jalani saat ia ikut bersama sang agen menjelajahi waktu guna mencegah Fizzle Bomber bertindah kejahatan.


Tidak banyak dari yang bisa di komentari dalam film ini mengingat ceritanya yang berhubungan dari awal sampai akhir. Tim Make Up sukses membuat Sarah Snook terlihat seperti laki-laki, begitu pula kualitas akting dari sang aktris, Snook memang sudah berjuang sangat keras untuk itu. Efek bom meledak terlihat sangat tidak rapih, dan itu berhasil di tutupi oleh performa Snook & Hawke dan tim make up artis yang membuat wajahnya sangat menjijikan setelah operasi selesai dan juga kualitas ceritanya yang kreatif. Minim dengan penggunaan CGI, tapi pertemuan antara 2 artis yang sama dalam satu frame terlihat rapih dan wajar. Berikutnya, nuansa masa lalu dan masa depan yang tidak terlalu jauh (karena tahun nya pun tidak terpaut jauh) mungkin membuat audience agak sulit membedakan perkembangan antar tahun.

Sekiranya tidak boleh menyebutkan setiap inti cerita yang ada karena semuanya berhubungan sampai akhir yang membuat film ini memiliki Twist yang sangat istimewa. Mungkin kekurangannya hanya dari segi action yang minim dan ending yang tertebak ketika mencapai paruh akhir film. Meski begitu, film ini memaknai bahwa sekeras apapun usaha seseorang mengubah masa depan lewat masa lalunya, hal itu tak akan pernah berhasil. Siklus nya akan terus berputar dan berhubungan dengan apa yang akan di lakukan di masa depan nanti, begitu pula keputusan-keputusan sang karakter utama.

Rate : 7.8/10

"Nobody's innocent. Everybody just uses everybody else to get what they want." - Jane

No comments:

Post a Comment