Saturday 23 May 2015

Blackhat

Score : 6.5/10
"This isn't about money. This isn't about politics. I can target anyone, anything, anywhere." Elias Kassar

Sudah banyak film-film yang mengangkat tema CyberCrime di dalamnya. Di film ini, hal-hal yang berhubungan dengan Peretasan akan menjadi fokus utama dalam film. Di sutradarai Michael Kenneth Mann dan di bintangi aktor yang sudah terkenal sebagai superhero dalam Thor, belum lagi mengambil lokasi syuting di berbagai negara Asia, terutama Indonesia. Di lihat dari redaksi produksinya, film ini pastinya akan menarik penonton-penonton yang ingin melihat kotanya dijadikan lokasi syuting film besar sekelas hollywood ini. Namun sayang, penghasilan yang di dapatkan film ini di nilai tidak cukup besar untuk terbilang sebagai film yang sukses.

Seseorang blackhat meledakkan reaktor nuklir di China. Chen (Wang) yang mengerti tentang dunia peretasan menemukan bahwa kode yang di gunakan peretas adalah kode tipikal yang di ciptakan temannya, Nicholas Hathaway (Hemsworth). Nick adalah peretas yang di penjara karena ulahnya yang seenak saja membobol banyak bank. Berkat permintaan kerjasama antara Chen Dawai dan FBI, Nick berhasil keluar dari penjara untuk menuntaskan kasus peretasan ini. Carol Barret (Davis), wakil dari FBI yang di tugaskan untuk mengawasi Nick agar tidak melewati batas-batas hukum. Setelah melewati berbagai penyelidikan yang membawa mereka ke nama Elias Kassar (Coster) membuat penyelidikan ini beruntun menjadi aksi saling mengejar dari kedua belah pihak. Nick bersama dengan adik Chen, Lien (Tang) akhirnya harus menyelesaikan kasus ini yang berujung pada pertempuran terakhir di Jakarta.





Di buka dengan visualisasi dari peretasan reaktor nuklir di china. Terlihat jelas bahwa film ini memiliki pembawaan alur cerita yang lamban. Terlalu banyak dan lamanya shot untuk menggambarkan suatu kejadian mungkin akan membuat penonton bosan. Di tambah lagi aksi peretasan yang cenderung terkesan biasa saja. Juga adegan aksi tembak-menembak yang sebenarnya kurang baik menjadi minus tersendiri bagi film ini. Patut di puji Wei Tang menggambarkan hubungan kakak beradik yang dalam antara dia dengan Leehom Wang. Menurut saya, dua artis ini sukses membawa karakter yang memang pendiam dan jago meretas. Chris Hemsworth pun bermain bagus meski chemistry nya dengan Wei di rasa kurang menjiwai. Secara keseluruhan, Blackhat mungkin berhasil membawakan tema cybercrime yang berbeda dari cybercrime biasanya.




No comments:

Post a Comment