Wednesday 5 November 2014

Her

Di tulis dan di sutradarai oleh Spike Jonze. Film yang mendapatkan beberapa penghargaan di berbagai ajang festival film luar negeri tahun 2013 lalu. Persembahan Warner Bros dan Annapurna Pictures. Film ini syarat akan kutipan-kutipan indah.

Berawal dari Theodore (Phoenix) yang bekerja pada jasa menulis surat menyurat, telah bercerai dengan istrinya, Catherine (Mara). Sulit untuk move-on, Theodore akhirnya membeli sebuah perangkat Operating System 1 (OS1). OS1 ini adalah perangkat kecerdasan buatan untuk melayani penggunanya dalam kegiatan sehari-hari. Program yang di install Theodore itu kemudian menamai dirinya sebagai Samantha (Johanson). Theodore yang belum bisa menemukan sosok wanita pengganti Catherine mengikuti saran Samantha untuk menjalani kencan buta bersama seorang wanita (Wilde) yang kemudian juga dinilai tidak cocok dengannya. Tanpa disadari, bahwa perempuan idaman yang sedang dicari-cari Theodore itu adalah OS itu sendiri, Samantha. Theodore mencintai Samantha dan begitu pula sebaliknya. Theodore tidak peduli jika Samantha adalah OS, dia merasa kalau Samantha nya lah yang selalu ada saat ia membutuhkannya.
Teman-teman Theodore yang khawatir akan Theodore hanya bisa mendukungnya sampai ia sadar kalau itu hanyalah cinta ilusi. Menemukan bahwa dirinya tidak sendirian, Teman Theodore yang baru juga bercerai, Amy (Adams) juga mencintai OS1 miliknya. Lambat laun program OS1 itu semakin luas dan mau tidak mau Samantha mulai berkembang dan berglobalisasi, berhubungan dengan teman-teman OS1 lainnya yang tentunya membuat Theodore itu pun cemburu.

Hubungan percintaan yang rumit karena salah satunya bukan makhluk hidup. Meski hanya kecerdasan buatan, Suara dan emosi Samantha di gambarkan sangat menyerupai manusia sehingga akan benar-benar terasa kalau Samantha pastinya berada di suatu tempat di dunia ini. Surat-surat yang di buat Theodore untuk klien-klien-nya pun memiliki level sastra yang tinggi sehingga menganugrahkan film ini the best screenwriting di ajang Oscar tahun lalu. Penggambaran dunia masa depan dimana semua orang memakai OS1 yang sangat baik. Juga feel dan emosi Samantha yang meski hanya suara nya saja, kita dapat merasakan bahwa dia HIDUP. Drama Cinta Tak Wajar ini juga memiliki beberapa desain interior ruangan dan kantor yang unik sehingga dapat memanjakan feel dari penonton itu sendiri.

Rate :8.7/10

"I always love you because we grown ups together. And you help to find who I am." Theodore

No comments:

Post a Comment