Friday 7 November 2014

Big Hero 6

Pasca kesuksesan Frozen dan Wreck It Ralph, Disney kembali menyapa penggemarnya lewat animasi adaptasi komik Marvel berjudul Big Hero 6 karya Steven T. Seagle & Duncan Rouleau. Di bidani oleh orang yang sama di balik kesuksesan Frozen, Don Hall & Chris Williams, di harapkan kisah persahabatan antara robot dan manusia ini dapat melebihi persaudaraan yang ada di Frozen. Perlu di ketahui bahwa Big Hero 6 ini hanya mengcopy karakter dan namanya saja dari komik, sedangkan untuk cerita dalam layar lebarnya ini di buat tanpa mengacu pada storyline yang ada dikomik agar rating filmnya dapat mencapai semua kalangan seperti film disney kebanyakan.

Hiro Hamada (Potter) adalah jenius berusia 13 tahun yang sudah lulus SMA, ia tinggal bersama bibi dan kakaknya. Pasca kematian kakaknya, Tadashi Hamada (Henney), Hiro menjadi kehilangan sosok saudara yang selalu mencintainya setiap saat. Robot hasil kerja keras Tadashi, Baymax (Adsit) adalah robot perawat yang di buat khusus untuk menyembuhkan berbagai luka. Baymax melihat kemurungan dalam Hiro semenjak ditinggal Tadashi, Baymax berusaha agar Hiro bisa kembali ceria seperti dulu. Di lain tempat, salah satu eksperimen yang
Hiro buat dari banyak microbot, telah dicuri dan di salah gunakan oleh seseorang yang mereka sebut Yokai (Adler). Hiro akhirnya mengetahui bahwa Yokai adalah salah satu dalang dari kematian kakaknya. Bersama dengan teman-teman kakaknya, Wasabi (Wayans Jr.) Honey (Rodriguez), Gogo (Chung), Fred (Miller), Hiro dan Baymax mencoba menjadi pahlawan dengan menangkap & membongkar siapa dalang di balik semua ini.

Jangan bandingkan dengan Frozen yang telah memenangkan oscar tahun lalu, menurut pendapat pribadi saya, meski lebih baik dari Wreck It Ralph, namun sisi jalan ceritanya yang 'memorial' seperti Frozen belum tercapai dalam film ini. Seperti kebanyakan animasi lainnya, Big Hero 6 menawarkan visual khas disney yang menawan seperti biasanya. Fokus pada masing-masing karakter pun tidak dilupakan. Baymax yang lugu, Hiro si jenius, Wasabi si taat peraturan, Gogo memiliki adrenalin tinggi, Honey gila alkemis, dan Fred berwatak humoris, semuanya tergambar dan dimainkan dengan sangat baik. Banyak pesan moral yang terkandung di dalamnya, terutama keinginan untuk menolong seseorang dalam bahaya. Tak lupa sisi komedi di dalamnya pun tersegmentasikan dengan baik untuk semua kalangan. Scoring dan soundtrack dari Fall Out Boys, Immortals juga cocok dengan tema film. Bagaimanapun juga, Big Hero 6 adalah film Disney yang memuat banyak action di dalamnya. Mungkin hal itu lah yang membuat jalinan ceritanya sedikit berbeda dengan beberapa garapan Disney sebelumnya. Jangan lupakan juga penampakan Stan Lee yang terbiasa menjadi cameo dalam film-film Marvel, sebagai petunjuk, dia ada dalam rumah Fred.

Rate : 8.5/10

"Don't look for one side, find a new angle." - Tadashi & Hiro Hamada

No comments:

Post a Comment